Sejarah PUA: Mengenal apa itu PickUp Artist dan Seduction Community

Jaman dulu ada pria-pria yang sangat piawai dalam “menarik” wanita cantik meskipun mereka tidak tampan ataupun mapan. Dan merekapun menjadi legenda! diantaranya adalah: Casanova, Don Juan DeMarco, Voltaire, Lord Biron dan masih banyak lagi… mereka sering disebut “Seducer” atau “perayu”. Seduction sebenarnya telah dipelajari oleh inovator seperti Cleopatra, Marilyn Monroe, Tallyrand-Perigord, antara lain dalam sejarah untuk keuntungan mereka (dalam buku:The Art of Seduction)
http://www.pualingo.com/blog/seduction-community-lingo-history/

Apa itu Seduction Community?

 

Seduction community adalah sebuah pergerakan self-help dari laki-laki yang ingin mencapai sukses lebih besar dengan wanita melalui self-improvement dan pemahaman yang lebih baik akan psikologi sosial. Subkultur dari self-help ini biasanya diadakan melalui forum internet, milis dan kelompok lokal yang disebut "lairs". praktisi atau anggota subkultur ini biasanya menyebut diri mereka dengan 'the community' atau lebih populer dengan sebutan "Pick-Up Artist" (PUA).


Sejarah Pickup Artist

1939-1945
awalnya, penggunaan kata "Pickup" dalam konteks ini, adalah kata yg sebenarnya tidak lazim namun sengaja dipakai untuk berkenalan 'biasa' dengan orang asing guna mengantisipasi artian yang menjurus ke hubungan seksual, dan itu terbukti dengan adanya kata tersebut dalam poster anti-prostitusi di era Perang Dunia ke-2.
http://umedia.lib.umn.edu/node/47260
http://umedia.lib.umn.edu/node/64807
http://en.wikipedia.org/wiki/Pickup_artist

1970-an
Sejarah pergerakan seduction community diawali dengan diterbitkannya buku "How to Pick Up Girls" karya Eric Weber pada 1970 dan juga mulai dipopulerkan oleh Pick-Up Times, sebuah majalah tahun 1970-an yang berumur pendek. Namun di era itu belum ada komunitas yang terorganisir dan kebanyakan hanya sebagai penulis atau pembimbing independen yang memberikan arahan untuk berkencan dengan wanita idaman. keberadaan mereka mulai jelas terlihat saat berkembangnya 'diskotik/club' sebagai tempat hiburan malam. banyak pria “pick up” wanita di diskotik. dan mulailah aksi “pick up” dan “one night stand” menjadi populer di masa itu.
http://en.wikipedia.org/wiki/Seduction_community

1980-an
inilah generasi pertama PUA. seorang yang bernama Ross Jeffries mengajarkan NLP(Neuro Linguistic Programming) yang di-implementasikan ke “pick up” dengan berbagai teknik NLP yang ia sebut dengan "Speed Seduction" (SS). ia mengaku dengan teknik tersebut, dia bisa membawa “tidur” seorang wanita hanya dalam waktu 20 menit.

Pada 1994, Lewis De Payne, saat itu murid Ross Jeffries dan sahabat Kevin Mitnick, mendirikan newsgroup dengan nama ASF('alt.seduction.fast') yang memulai berbagai forum diskusi internet, mailing list, blog, dan situs-situs di mana mereka bisa saling berbagi teknik 'seduction'. Newsgroup tersebut kemudian mendapat terlalu banyak spam sehingga sebuah kelompok bernama "Learn the Skills Corporation" mengembangkan sebuah alternatif lain dengan nama "Moderated ASF" (atau "mASF"), dengan jumlah anggota lebih dari 20,000.

orang-orang akirnya meninggalkan Ross Jeffries dengan NLP-nya karena NLP memang agak sedikit rumit, selain itu dengan NLP yang “hypnotic”, praktisi NLP perlu “berbisik” sedangkan suasana club semakin lama semakin ramai dengan musik yang semakin lantang, disisi lain ia juga melupakan faktor yang penting yaitu body language dan mind-set.
http://id.wikipedia.org/wiki/Seduction_community

1997
Munculah seseorang bernama Mystery (Eric Von Markovik) membuat revolusi tentang seni memikat wanita. awalnya dia hanyalah anak muda yang memiliki ketrampilan di bidang komputer dan memiliki kehidupan sosial yang buruk. namun akhirnya sambil berkarir sebagai pesulap, bertahun-tahun dia ber-eksperimen di hiburan malam untuk membuat metode yang ia sebut dengan "Mystery Method"(MM). Pada 15 April 1997 ia mulai membuat posting pertamanya di ASF. dengan metode yang sistematis, MM sangat digemari karena mampu membuat orang-orang yang baru mempelajarinya bisa langsung mendapatkan hasil nyata. MM juga banyak dianggap sebagai metode yang paling dasar dan menjadi fondasi 'seduction method' hingga saat ini. Dan ia juga merupakan generasi pertama yang memberi pembelajaran melalui seminar, training, dan memiliki bootcamp di dunia nyata.

Setelah Mystery Method, munculah banyak metode, pecahan, dating coach yang terinspirasi dari Mystery. pada 17 desember 2012 di Cliff's Newslater, munculah David DeAngelo dengan metode "cocky & funny" hingga melahirkan nama-nama PUA baru seperti Rick H, Rasputin, Brent yang tak lain adalah murid-murid Ross Jeffries.
http://www.xtimeline.com/timeline/Seduction-Community
http://www.datingskillsreview.com/mystery-erik-von-markovik/

2005
Istilah istilah dalam dunia Pick-Up Artists (PUA) menjadi populer secara global di seluruh dunia sejak diterbitkannya buku The Game: Penetrating The Secret Society Of Pick-Up Artists (PUA) yang ditulis oleh Neil Strauss aka Style (Murid Mystery) yang langsung meledak menjadi National Bestseller di Amerika secepat kilat, kemudian akhirnya menjadi International Bestseller. Hal ini memasukannya ke New York Times Bestseller List setelah penerbitannya September 2005.

Meledaknya Buku The Game memotivasi Style(Neil Strauss) menulis dan menerbitkan buku kedua bertema sama di tahun 2007 yang berjudul: Rules Of The Game - yang menjadi semacam Sekuel dan Pelengkap dari Buku pertamanya: The Game. buku kedua ini laris manis dan masuk New York Times Best Seller List, walau angka penjualannya tak sebaik The Game, buku pertama Neil Strauss yg bertema sejenis.

Di Buku pertamanya: The Game, yang kini jadi semacam Kitab Suci klasik dalam dunia Pick-Up Art, Neil Strauss menulis dengan Gaya Cerita Semi-Autobiografis seluruh kisahnya dari awal masuk hingga keluar dari Komunitas Pick-Up Artists (PUA).

2007-Sekarang
Selepas era sang legenda(RJ,Mystery,David DA,dkk..) munculah banyak method yang lain, pecahan atau inspirasi dari sang legenda PUA dan munculah PUA coach, dating coach, dating expert, relationship coach, love doctor, date doctor, dsb dari seluruh penjuru bumi yang mengajarkan berbagai jenis method. Ironisnya, ada saja dating coach yang bilang PUA itu pyscho maupun menjelek-jelekan PUA secara gamblang, hanya mengambil teknik lalu membuat pencitraan buruk terhadap PUA. Padahal, kalau di lacak kembali, kebanyakan inspirasi, fundamental, pola pikir dan teknik dating yang mereka ambil bermula dari seduction community dan direnovasi dengan gagasan dari pengalaman mereka sendiri.

Nah apakah PUA itu berbahaya? haruskah di sejajarkan dengan playboy?? samakah dengan natural?? atau lebih parah dari dating industries lainnya ??  JAWABANYA ADALAH TIDAK!,  BANYAK  natural, player  maupun playboy yang tidak pernah tahu akan istilah PUA atau seduction community, lebih sering menyakiti hati wanita dan merebut banyak wanita. Contoh: pembisnis merebut istri orang, mempunyai istri simpanan, memanfaatkan marketing wanita, ahli agama yang merayu wanita atas dasar ayat suci agama, teman dekat anda yang mengkhianati anda, teman se agama anda? teman kuliah anda? saudara anda, dsb…..

Akhir kata, seduction community  lah yang berkontribusi sangat banyak dan menjadi inspirasi dasar dari perubahan fundamental konsep dinamika sosial dan dating yang ada, mulai dari kebanyakan dating coach, male and female empowerment, film romansa, novel, dsb.

Komentar

  1. Ulasannya bagus, menambah wawasan bahwa dasar-dasar PUA adalah ilmu psikologi. Saya nemuin di T o p e d tutorialnya https://bit.ly/3kTTvhp saya sudah coba dan berhasil.

    BalasHapus

Posting Komentar